Seluk Beluk Batu Safir

KUMPULAN ARTIKEL » Seluk Beluk Batu Safir

Batu Safir merupakan salah satu batu permata yang paling berharga. Batu Safir yang memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya seperti cermin ini, konon juga memiliki keharuman kuat.untuk tingkat kekerasan pada batu safir ini menempati urutan kedua setelah batu berlian, jadi batu ini bisa dikenakan pada cincin, liontin ataupun gelang selama berabad-abad tahun lamanya.

Kata safir berasal dari bahasa ibrani, yakni sapir yang memiliki arti bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor seperti nanorod GaN.

Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap safir. Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai rubi.

Pada dasarnya Batu safir ini melambangkan kebenaran, ketulusan serta kesetiaan. Bahkan, legenda mengatakan bahwa Nabi Musa diberi 10 perinta diatas bongkahan batu safir. Hal ini menjadikan batu safir sebagai batu suci dan perwakilan dari nikmat Tuhan.

Batu safir juga menjadi batu pilihan bagi raja-raja dan imam besar, bahkan Pangeran William (Pangeran Inggris) juga memberikan cincin pertunangan bermata batu safir untuk Kate Middleton